Sejarah
  • Telkom University, Bersatu untuk Perubahan

    Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom,  STISI Telkom dan Politeknik Telkom awalnya berjalan masing-masing. Berada di bawah satu payung Yayasan Pendidikan Telkon (YPT), keempatnya memiliki tujuan yang sama. Yakni menjadi Perguruan Tinggi Internasional yang unggul dan menjadi agen perubahan dalam pembentukan insan cerdas dan kompetitif, serta berperan dalam pembentukan masyarakat yang sejahtera. Kini, di tahun 2012 keempat perguruan tinggi ini bersatu membentuk kekuatan bersama menjadi Telkom University.

    Mewujudkan World Class University (WCU) di tahun 2017 memang pernah menjadi cita-cita YPT. Hal itu tersirat dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) YPT tahun 2006-2017 yang tebagi dalam tiga Rencana Empat Tahun (RENETA).

    Perubahan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) di tahun 2007 menjadi langkah awal menuju WCU. Perubahan itu diresmikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan nomor 235/D/O/2007 tanggal 30 November 2007. Ijin tersebut ditindaklanjuti dengan peresmian logo baru IT Telkom sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung Learning Center IT Telkom, Laboratorium dan Gedung Politeknik Telkom di Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Kabupaten Bandung, Sabtu 23 Februari 2008. Disusul dengan perubahan Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom pada bulan Maret 2008. Kemudian Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) memutuskan untuk bergabung dengan YPT pada tahun 2010 dan berubah nama menjadi STISI Telkom.

    Seiring   berjalannya waktu realisasi Telkom University pun dipercepat di tahun 2013. Tepatnya Rabu 17 Juli 2013,  surat izin penggabungan Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), dan Politeknik Telkom telah keluar berdasarkan Surat Keputusan nomor 270/E/O/2013 SK Mendikbud. Selanjutnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud nomor 270/E/O/2013 Juncto Nomor 309/E/0/2013 tentang Universitas Telkom menyatakan STISI Telkom telah menjadi bagian dari Universitas Telkom.

    Hari Sabtu 31 Agustus 2013 menjadi momen bersejarah bagi civitas academica Telkom University. Di hari tersebut, berlangsung perhelatan akbar Grand Launching Telkom University di Telkom University Convention Hall, dengan menghadirkan rektor pertama Telkom University, yaitu Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng.,Ph.D, Guru Besar Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

    Telkom University mengusung visi untuk menjadi perguruan tinggi berstandar internasioanal dan berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan dan peradaban bangsa. Dengan misi   : 1.  Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional; 2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni dalam bentuk hasil penelitian yang dikenali secara internasional; 3. Melaksanaakan kegiatan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, manajeemen dan seni , untuk kemajuan kesejahteraan dan peradaban bangsa.  Serta menjadikan profesionalism, recognition of achievement, integrity, mutual respect dan entrepreneurship   sebagai core value   dari Telkom University.

     

Copyright © 2013 Telkom University