S2 Teknik Elektro Telekomunikasi

Program Pascasarjana Teknik Elektro - Telekomunikasi IT Telkom didirikan dan dikukuhkan dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas No 429/DIKTI/Kep/1999, serta SK Dirjen DIKTI No. 586/D/T/2006 dan sudah terakreditasi BAN PT No 017/BAN-PT/Ak-VI/S2/XI/2008. Kurikulum Program Studi Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi IT Telkom semula memberikan beban studi kepada mahasiswa minimal 40 sks, dan pada perkembangan kurikulum selanjutnya tahun 2004 dan tahun 2008 mahasiswa diberi beban studi minimal 36 sks dengan penekanan pada bidang Teknik Elektro-Telekomunikasi dengan peminatan Wireless Communications dan Rekayasa Jaringan.

Visi

Menjadi pusat unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi dalam lingkup nasional dan internasional.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Magister dalam bidang Elektro-Telekomunikasi, khususnya bidang wireless communication dan network engineering.  
  2. Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif serta proses belajar mengajar yang tertata dan berkualitas sehingga mengoptimalkan potensi dan kreatifitas seluruh sivitas akademika;  
  3. Melakukan kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat dan mengembangkan inovasi dalam bidang Telekomunikasi, khususnya bidang Wireless Communications dan Network Engineering baik secara mandiri maupun kerjasama dengan industri dalam dan luar negeri;  
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi Telekomunikasi, khususnya bidang Wireless Communications dan Network Engineering untuk kebutuhan industri jaringan dan jasa telekomunikasi, melalui proses pembelajaran dan penelitian yang terintegrasi.
Tujuan

Program Studi Teknik Elektro-Telekomunikasi di IT Telkom ditujukan agar menghasilkan lulusan yang mempunyai:

  1. Kompetensi utama dalam bidang Wireless Communications dan Network Engineering.  
  2. Kompetensi pendukung dalam bidang bisnis telekomunikasi dan kewirausahaan.  
  3. Kompetensi dalam sikap dan etika profesional yang berkepribadian dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Program

Jenis program yang ada di Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi ada 2 (dua), yaitu:

  1. Program Reguler (36 SKS, 3 Semester)
    Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi yang dilakukan melalui tata muka secara langsung pada seluruh mata kuliah. Program Reguler akan dilakukan setiap hari kerja (Senin s.d Jumat) di Kampus IT Telkom.
  2. Program Modular (6 Modul, 1,5 tahun)
    Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi yang dilakukan melalui tata muka secara langsung dan perkuliahan jarak jauh (melalui video conference). Perkuliahan jarak jauh akan dilakukan pada hari Senin s.d Kamis, sementara perkuliahan tata muka secara langsung diselenggarakan pada hari Jumat (17.00 - Selesai) dan Sabtu di Kampus IT Telkom. Beban studi 1 modul setara dengan 6 SKS.
Prospek Kerja Lulusan
  • Dosen  
  • Peneliti  
  • Staf Ahli  
  • Senior Manager di Industri
Situs Resmi

mce.telkomuniversity.ac.id

Copyright © 2013 Telkom University