Prestasi

Posted by Sekpim Telkom University at 01 December 2012
Universitas Telkom Rebut Piala  Trinity Fire Fighting Home Robot Contest dan Robo Waiter 2012

Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) adalah kompetisi tahunan robot cerdas pemadam api yang diselenggarakan di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Kompetisi yang sudah berlangsung selama 19 tahun ini telah menjadi standar acuan kompetisi robot pemadam api di berbagai sekolah dan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia. Aturan pertandingan pada kompetisi TCFFHRC diadopsi pada kompetisi robot di berbagai negara, mulai tingkat regional hingga nasional. Indonesia juga mengadopsi aturan kompetisi di TCFFHRC pada ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia, untuk kategori robot beroda dan kategori robot berkaki.

Terdapat beberapa divisi pertandingan pada TCFFHRC. Pada divisi Fire-Fighting, robot secara cerdas dan mandiri berusaha mencari api dalam labirin yang menyerupai denah ruangan rumah, mematikannya, dan kemudian kembali ke tempat semula. Divisi fire-fighting secara umum terbagi dua, yaitu divisi robot beroda dan divisi robot berkaki. Pada divisi RoboWaiter, robot bertugas menjadi pendamping orang yang memiliki keterbatasan (disable), dimana robot bertugas mengambil piring dari meja/lemari dan memindahkannya ke meja lain. Terdapat dua kategori pada RoboWaiter, yaitu kategori Entry Level dan kategori Advanced. TCFFHRC 2012 kali ini diikuti oleh 130 tim dari Amerika, Indonesia, Portugal, Israel dan China.

Pada Kontes Robot Cerdas Indonesia tingkat Nasional tahun 2011, tim robot cerdas beroda Institut Teknologi Telkom (ITTelkom) menjadi juara pertama KRCI kategori robot beroda, dan tim robot cerdas berkaki Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi juara pertama KRCI kategori robot berkaki.
Sebagai penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,  tim robot cerdas beroda Institut Teknologi Telkom Bandung dan tim robot cerdas berkaki Institut Teknologi Bandung diberi biaya untuk berpartisipasi pada ajang Kompetisi Robot Internasional Trinity College Fire Fighting Robot Contest tahun 2012.

Tim robot ITTelkom, yang terdiri dari 3 dosen pembimbing (Muhammad Ary Murti, Istikmal, dan Agung Nugroho Jati), serta 4 orang mahasiswa (Candra Herdianto, Andrean Permana Ardhi, Dian Wahyu Widayanto, dan Dhimas Arveliansyah Ridrasta), membawa lima buah robot, tambahan tim dan robot dibiayai oleh ITTelkom serta mendapat bantuan beberapa sponsor ( BNI, MULTIKOM).

Robot cerdas beroda Fakultas Teknik Universitas Telkom berhasil memperoleh juara pertama (tim Hamazar) dan juara kedua (tim Garuda #1). Robot cerdas berkaki Universitas Telkom berhasil memperoleh juara pertama ( Arjuna ). Sementara tim robot ITB membawa empat robot dan berhasil memperoleh juara kedua (tim Yaqut) dan juara ketiga (tim Aqabah) untuk robot cerdas berkaki.

Gelar yang diperoleh tim robot Fakultas Teknik Universitas Telkom Indonesia pada TCFFHRC 2012 katagor i Fire-Fighting Senior Division:
1. Juara pertama Robot Beroda : Hamazar
2. Juara kedua Robot Beroda : Garuda 1 Fakultas Teknik Universitas Telkom
3. Juara pertama Robot Berkaki Arjuna Fakul tas Teknik Universitas Telkom



Artikel Selanjutnya : IT Telkom dan 3 Perguruan Tinggi YPT Grup Raih Penghargaan di TeSCA
Copyright © 2013 Telkom University