Telkom University Juara 3 Kontes Robot Terbang Indonesia

Posted by Public Relations at 13 November 2013

BANDUNG TEL-U- Telkom University   (Tel-U) kembali menorehkan prestasi. Kali ini Tel-U berhasil meraih juara ke-3 (tiga)  pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2013 kategori perguruan tinggi, yang diselenggarakan di kampus ITB Jatinangor, Sabtu-Minggu (9-10/11/2013). Tim Tel-U atau Tim Bangau APTRG terdiri dari mahasiswa Telkom Engineering School (TES) yakni Yusfi Florianto, Wandi Wijaya, Listhyani Dhianira, dan Muhamad Fadhil Abdullah.

KRTI merupakan kompetisi nasional yang menantang pesertanya untuk mendesain, membuat serta menerbangkan sebuah pesawat. Kompetisi   mengaharuskan peserta mendapatkan kompromi antara geometri pesawat, konstruksi, dan sistem elektronik yang diintegrasikan pada pesawat terbang. TES Tel-U mengirimkan dua tim di kompetisi ini.

“KRTI kali ini sangat menantang.  Pada misi kali ini, kita harus membawa payload atau muatan hingga paada koordinat tertentu. Nah, di koordinat tersebut kita harus menjatuhkan muatannya,” tutur Yusfi.  Jelasnya,  Quadcopter harus terbang secara autonomous dan harus mengikuti jalur koordinat yang telah ditentukan . Quadcopter juga harus melakukan dropping muatan atau payload.

Ciakal bakal KRTI berawal dari Indonesian Aerial Robot Contest (IIARC) yang merupaakan kontes robot terabang pertama untuk kategori indoor (daalam ruangan). Konetes ini telah diadakan setiap tahun di ITB   sejak tahun 20808 hingga 2011. Kompetisi ini telah mendapatkan pengakuan dari Jaapan Society of Aeronautics and Space Science (JSASS) dan mengadopsi aturan kontes serupa di University of Tokyo. Pada penyelenggaraannya tahun ini ditingkatkan menjadi kompetisi level nasional berupa KRTI. Penyelenggaraannya pun didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.- Risca/KOMPRO

| | | |