Paper Penelitian: Pengajuan Model Untuk Penilaian Kualitas Video Pada Proses Transmisi Langsung Di Kapsul Endoskopi Berbasis Teknologi Nirkabel

ABSTRAK

Penilaian Kualitas Video (Video Quality Assessment) dilakukan untuk memantau secara langsung konten video yang dialirkan dalam suatu proses komunikasi digital. Kapsul Endoskopi Nirkabel (Wireless Capsule Endoscopy) adalah teknik modern untuk melakukan pemantauan saluran pencernaan untuk mendeteksi kanker.

Pendeteksian kanker ini dilakukan dengan cara mengambil gambar dan video dari saluran cerna melalui bantuan sebuah kapsul kecil yang dimasukkan ke dalam bagian dalam tubuh pasien . Kapsul tersebut mampu mengambil gambar/video untuk kemudian ditransmisikan secara nirkabel ke sebuah layar yang berada di luar tubuh pasien sebagai penerima. Di dalam paper penelitian ini, para peneliti mengusulkan suatu model yang berguna dalam melakukan penilaian kualitas video pada teknologi kapsul endoskopi nirkabel tersebut.
Amanda Julia Isa, Muhammad Arslan Usman (1), Soo Young Shin (2) Kumoh National Institute of Technology (KIT) (Purel/nando)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *