Laptop Si Unyil Coba Brainstat

Bandung, Tel-U – Ada yang tidak biasa di kawasan BTPlex pada Senin (28/04) lalu.  Pasalnya BTPlex menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar untuk acara variety show Laptop Si unyil Trans 7. Aris Boy dan Dini, Reporter Laptop Si Unyil ditemani Lia Marlia, Public Relations YPT beserta Dwi Joko, Public Relations Tel-U, melakukan liputan mengenai Brainstat.

Brainstat merupakan alat yang diciptakan Dody Qori Utama, Dosen Teknik Informatika. Alat yang dapat mendeteksi gelombang otak ini, pernah mendapat juara pertama pada Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2013 di Jakarta, September 2013. Mendengar kabar tersebut, tim Laptop Si Unyil tertarik untuk mengangkatnya sebagai penemuan yang layak untuk ditayangkan di program yang telah memiliki sekitar 10.000 episode tersebut. “Kita udah riset penemuan-penemuan yang ada di Indonesia. Yang menarik salah satunya ya Brainstat ini. Makanya kita datang ke sini untuk liputan,” disampaikan Aris Boy di sela-sela pengambilan gambar.

Pada 2011 lalu angka kecelakaan di jalan raya di Indonesia cukup tinggi. Hal inilah yang mencetuskan ide pembuatan Brainstat. Dody beserta mahasiswa yang tergabung dalam tim pembuatan Brainstat, menciptakan alat yang berguna untuk mengetahui seorang pengendara bermotor sedang sehat, mengantuk ataupun lelah. “Brainstat diciptakan untuk mendeteksi gelombang otak, terutama pada pengemudi kendaraan bermotor. Untuk mengetahui pengemudi tersebut sedang fit, mengantuk atau lelah. Sehingga diharapkan dapat mengurangi angka kecelekaan di jalan raya,” ujar Dody saat diwawancarai.

Tim Laptop Si Unyil Trans 7 juga berkunjung ke Laboratorium tempat Brainstat dibuat. Proses pembuatan hingga proses kerja Brainstat juga menjadi inti dari liputan. Setelah sebelumnya shooting bagaimana penggunaan Brainstat pada pengemudi mobil yang diperagakan oleh mahasiswa. (KomPro/DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *