23 Negara Ikuti International Conference on ICT 2014

Bandung, Tel-U – Pertumbuhan ICT di Indonesia terus merangkak naik. Hal tersebut menjadi faktor penunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang tumbuh sebesar 4-5 persen setiap tahunnya. Itulah yang dipaparkan Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., pada pembukaan International Conference on ICT (ICoICT) 2014 di Ballroom Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, Rabu (28/05) kemarin.

Ia menyampaikan bahwa ICoICT diselenggarakan sebagai rangkaian acara Dies Natalis Telkom University pertama. “Sebagai rangkaian Dies Natalis Telkom University pertama, ICOICT 2014 diselenggarakan untuk memunculkan ide dan prototype inovatif di bidang ICT,” katanya dalam sambutan.

Sebanyak 23 negara seluruh dunia telah mengirimkan paper yang berkaitan dengan tema ICoICT 2014 yaitu Internet of Things (IoT): Infrastructure, Computation and Its Application. “Kami panitia menerima paper ilmiah dari 23 negara di dunia antara lain Asia, Eropa dan Amerika,” jelas Dadee Nurjanah, Ph.D., Ketua Pelaksana ICoICT 2014. Menurutnya, ICoICT yang telah dua kali diselenggarakan sejak tahun 2013 ini bertujuan sebagai sarana bagi para praktisi dan ilmuwan untuk dapat membagikan ide serta hasil riset yang telah mereka lakukan. Dan akan berguna bagi perkembangan ICT di masa yang akan datang.

Dalam pembukaan ICoICT 2014 tersebut, hadir pula Kuncoro Wastu Wibowo, Ketua IEEE Indonesia Section. Ia menyebutkan bahwa sesuai dengan ICoICT 2014 yakni IoT, akan berguna untuk menjawab tantangan global di bidang ICT. Dalam sambutannya ia mengatakan, “IoT adalah kemampuan untuk menghubungkan informasi dengan informasi yang lain. Tantangannya kini adalah bagaimana masyarakat umum dapat menggunakan informasi tersebut dengan cara yang baik dan benar serta merasakan dampak positif dari perkembangan ICT”.

Konferensi Internasional tersebut berlangsung mulai Rabu (28/05) sampai dengan Jumat (30/05). Selama acara tersebut, peserta akan mengikuti diskusi dan focus group discussion (FGD) bersama tutor dan panelis. Selain itu terdapat pula keynote speaker yang hadir pada ICoICT 2014 yakni Prof. Jin Mitsugi, dengan tema “Advancements of Automatic Identification Technology” dan Prof. Teddy Mantoro dengan tema “IoT: Emerging Trend of Sensing, Computing and Communication”. (Purel/DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *