Telkom Creative Industries School Telkom University Raih Peringkat Ke Lima Kategori Sekolah Tinggi Se-Indonesia Versi Tesca 2012

Telkom Creative Industries School Telkom University meraih satu prestasi lagi pada pemeringkatan perguruan tinggi dalam pemanfaatan TIK untuk kegiatan pendidikan. Pada tanggal 1 Mei 2013 melalui acara Penganugerahan TeSCA Award 2012 di Jakarta telah diumumkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus, dan Telkom Creative Industries School Telkom University meraih peringkat ke lima untuk kategori Sekolah Tinggi atau peringkat 48 nasional dengan nilai indeks 3,356 (skala 5,000). Peningkatan prestasi ini cukup signifikan, mengingat pada tahun 2011 Telkom Creative Industries School Telkom University belum bisa masuk peringkat 100 nasional dalam pemeringkatan TeSCA.

TeSCA merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Telkom Indonesia dan diselenggarakan bekerjasama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), serta PT Tempo Inti Media Tbk sebagai penyelenggara program. Program TeSCA bertujuan untuk mendorong terjadinya percepatan dan peningkatan pemanfaatan TIK di perguruan tinggi di Indonesia.

Metode penghitungan dan pemeringkatan PT pada TeSCA 2012 menggunakan metode ZEN Smart Campus yang mencakup suprastruktur kampus, infrastrutur teknologi, profil pemangku kepentingan, ragam pemanfaatan aplikasi. Selain itu, penilaian juga memperhitungkan strategi pendidikan nasional, dampak dan manfaat penerapan teknologi, komunitas eksternal, riset, e-Green (TIK ramah lingkungan), dan inovasi (pendidikan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *